Air Kencing Berbusa Putih: Penyebab dan Pengobatan Alami

Salah satu gangguan yang terdapat pada sistem ekskresi adalah air kencing berbusa putih. Air kencing yang normal umumnya tidak mengandung busa putih. Jika anda mengalami problema ini, maka anda patut waspada karena bisa saja anda mengalami gangguan kesehatan. Nah, berikut ini informasi seputar penyebab dan cara mengobati kencing berbusa putih dengan bahan alami.

  • Penyebab

Air kencing berbusa putih umumnya disebabkan karena tingginya kadar protein di dalam air kencing. Kondisi ini kemudian dinamakan dengan proteinuria atau albuminuria. Proteinuria ini terjadi karena kinierja ginjal tidak maksimal dalam menyaring protein. Pada saat ginjal dalam keadaan normal, ginjal akan meyaring darah dari sisa hasil metabolisme tubuh dengan tetap menyimpan kandungan protein. Apabila terjadi gangguan dalam ginjal, maka ginjal tersebut tidak lagi dapat menyaring dengan baik sehingga kadar protein pun ikut terbuang dalam air kencing. Hipertensi juga ternyata dapat memperburuk kondisi ginjal sehingga ginjal tidak bekerja dengan baik. Selanjutnya hal ini menyebabkan air kencing menjadi berbusa putih. Selain karena ada gangguan ginjal, proteinuria ini juga terjadi pada orang yang terkena penyakit diabetes. Hal ini disebabkan karena tingginya kadar glukosa dalam darah.

  • Pengobatan Alami

Air kencing yang berbusa putih dapat diobati dengan cara pengobatan alami. Kira-kira bahan-bahan alami apa saja yang dapat anda gunakan? Ini dia obat-obat alami yang dapat anda konsumsi.

Kulit Manggis

Obat untuk permasalahan air kencing berbusa putih adalah kulit manggis. Kulit manggis ini mengandung sejumlah zat aktif yang berfungsi untuk kesehatan ginjal. Kandungan yang terdapat dalam kulit manggis antara lain Vitamin A, B kompleks, C, dan zinc yang sangat berkhasiat untuk kekebalan tubuh. Selain itu kulit manggis juga mengandung zat xanthone yang bersifat sebagai antibakteri, antivirus, dan antioksidan. Oleh sebab itu kulit manggis tersebut akan membantu mengeluarkan bakteri E.coli melalui air kencing. Zat xanthone juga dapat berfungsi untuk memperbaiki sel beta pankreas yang rusak pada penderita diabetes sehingga produksi insulin dapat kembali normal. Cara mengolah kulit manggis ini yaitu siapkan beberapa kulit manggis yang masih segar lalu jemur di bawah sinar matahari sampai kering.  Setelah kulit manggis tersebut sudah kering, haluskan dengan menggunakan blender sampai menjadi bubuk. Kemudian seduh 1 sendok makan bubuk kulit manggis dan campurkan pula 1 sendok makan madu murni. Minumlah air kulit manggis ini sebanyak 2 kali sehari sebelum makan.

Daun Sirsak

Selain kulit manggis, anda juga dapat menggunakan daun sirsak untuk mengobati air kencing yang berbusa putih. Daun sirsak ini mengandung Acetogenine yang dapat meregenerasi sel jaringan yang rusak pada ginjal dan membunuh bakteri yang akan menginfeksi ginjal. Untuk pengelolahannya cukup mudah. Siapkan 3-5 lembar daun sirsak kemudian rebus hingga mendidih. Setelah air mendidih saringlah air rebusan tersebut lalu minum dalam kondisi air yang masih hangat. Anda dapat meminum air rebusan daun sirsak ini sebanyak 3 kali dalam sehari.

Daun Peterseli

Bahan alami selanjutnya untuk mengobati kencing berbusa putih adalah daun peterseli. Daun peterseli merupakan sayuran yang sangat kaya akan kandungan vitamin dan bahan aktif lainnya. Kandungan yang terdapat dalam daun peterseli adalah potassium, sodium, riboflavin, tiamin, zat tembaga, Vitamin A, B, dan C.  Dengan kandungan zat yang kaya tersebut maka peterseli ini sangat berkhasiat untuk membersihkan racun yang ada pada ginjal. Pertama-tama siapkan 10 lembar daun peterseli lalu rebus hingga mendidih. Selanjutnya saring air rebusan tersebut dan diamkan sampai air menjadi agak dingin, kemudian anda pun dapat meminumnya. Minumlah air rebusan daun peterseli ini pada pagi dan malam hari.

Jadi itulah informasi mengenai Air Kencing Berbusa Putih. Semoga informasi ini dapat bermanfaat untuk anda.

 

Air Kencing Berbusa Putih: Penyebab dan Pengobatan Alami | from | 4.5