Apakah Kencing Berbusa Normal: Faktor Penyebab dan Gejala Penyakit

Apakah Kencing Berbusa Normal? Mungkin pertanyaan ini terlintas di pikiran anda apabila anda mengalami kondisi tersebut. Pada dasarnya air kencing yang berbusa dapat disebabkan oleh beberapa faktor. Air kencing yang berbusa tersebut belum tentu menandakan ketidaknormalan pada proses ekskresi di tubuh anda. Nah, berikut faktor-faktor penyebab air kencing berbusa serta gejala penyakit yang dapat dideteksi.

Buang air kecil dalam kecepatan tinggi

Salah satu faktor kencing berbusa normal disebabkan oleh kecepatan yang cukup tinggi pada saat anda sedang buang air kecil. Kecepatan aliran air kencing tersebut juga dikarenakan debit dari air kencing yang sangat tinggi. Hal ini bisa saja disebabkan karena anda menahan kencing sehingga mengakibatkan pengeluaran air kencing dengan debit dan kecepatan tinggi. Jadi pada saat kandung kemih penuh, maka kandung kemih akan mendorong urin sekuat mungkin untuk dikeluarkan. Lalu kemudian terjadilah kontak dengan air di toilet sehingga menimbulkan busa.

Terdapat Protein dalam air kencing

Penyebab air kencing berbusa selanjutnya adalah terdapat protein dalam air kencing anda. Jika jumlah protein pada air kencing anda terlalu banyak, maka akan terjadi kondisi yang tidak normal yaitu proteinuria. Kondisi tersebut dapat disebabkan adanya gangguan pada ginjal anda seperti gagal ginjal. Oleh sebab itu segera berkonsultasilah ke dokter.

Terdapat hasil ejakulasi (semen) dalam air kencing

Untuk kaum pria, air kencing berbusa juga dapat disebabkan karena terdapat semen atau hasil ejakulasi yang masih tertinggal di saluran kencing. Apabila terjadi ejakulasi retrograde atau keadaan ejakulas mundur ke kandung kemih, maka semen dalam jumlah yang banyak akan masuk ke saluran kencing. Pada umumnya hal ini disebabkan karena otot area saluran ejakulasi melemah. Hal ini selanjutnya harus ditangani secara serius. Oleh sebab itu segeralah berobat ke dokter.

Dehidrasi

Dehidrasi ternyata dapat juga menjadi penyebab air kencing berbusa. Pada saat anda kekurangan cairan dalam tubuh, maka urin yang terbentuk akan lebih pekat dan terkonsentrasi. Kondisi urin seperti itulah yang akan membentuk busa. Oleh sebab itu minumlah air mineral maksmial 2 liter atau 8 gelas dalam sehari agar tubuh anda tidak kekurangan cairan.

Infeksi saluran kemih

Air kencing berbusa juga dapat disebabkan adanya infeksi pada saluran kemih. Infeksi pada saluran kemih dapat disebabkan karena adanya bakteri. Biasanya tidak hanya air kencing yang berbusa, namun disertai juga dengan nyeri, urine kemerahan, dan urine serasa tidak tuntas.

Gejala Penyakit

Air kencing berbusa dapat menandakan adanya suatu gejala penyakit. Beberapa gejala penyakit yang dapat ditimbulkan antara lain penyakit ginjal, syphilis, diabetes, dan Vesicocolic fistula.

  • Penyakit Ginjal: Penyakit ginjal dapat terjadi karena adanya komplikasi diabetes atau batu ginjal. Gangguan pada ginjal ini akan membuat kerja ginjal tidak maksimal sehingga membuat air kencing anda berbusa.
  • Syphilis: Penyakit Syphilis merupakan suatu penyakit menular seksual yang disebabkan oleh treponema pallidum. Penyakit yang satu ini umumnya ditularkan melalui hubungan seksual.
  • Diabetes: Gejala penyakit lainnya yang dapat terjadi adalah diabetes mellitus atau kencing manis. Penyakit ini ditandai dengan kelainan metabolic karena kurangnya produksi insulin oleh pankreas, pengaruh hormon lain yang menghambat kerja insulin, atau kurangnya respon tubuh terhadap insulin.
  • Vesicocolic fistula: Vesicocolic fistula merupakan penyakit yang terjadi ketika koneksi normal bekembang antara kandung kemih dan usus besar. Hal ini menyebabkan urin berbusa dan disertai dengan infeksi.

Jadi tidak selamanya kencing berbusa normal. Oleh sebab itu jagalah kesehatan anda dan lakukan pemeriksaan ke dokter.

Apakah Kencing Berbusa Normal: Faktor Penyebab dan Gejala Penyakit | from | 4.5