Penyakit Air Kencing Berbusa

Air kencing berbusa – Kadangkala Anda sering mendapati air kencing Anda berbusa. Air kencing yang berbusa bisa menjadi biasa namun ada juga ada yang tidak biasa. Bahkan ada pula air kencing menjadi berbusa yang disebabkan oleh penyakit. Oleh sebab itu pengetahuan akan air seni berbusa ini penting untuk Anda ketahui mulai dari penyebab, komplikasi dan masih banyak lagi lainnya. Simak beberapa hal yang berhubungan dengan air kencing berbusa berikut ini :

  • Penyebab

Hal pertama yang harus Anda ketahui tentang air kencing menjadi berbusa ini adalah penyebabnya. Dengan mengetahui penyebab, Anda akan lebih mudah untuk mengatasinya. Berikut adalah penyebab yang menyebabkan air kencing berbusa :

  1. Penyakit Ginjal

Hal pertama yang bisa menyebabkan air seni seseorang menjadi berbusa adalah penyakit ginjal. Orang yang mengalami air seni yang berbusa biasanya tanda mengalami komplikasi. Sehingga penyakit ginjal tersebut merupakan penyakit sekunder bukan penyakit primer. Orang yang mengalami batu ginjal dan juga diabetes lama kelamaan akan terkena penyakit ginjal yang mengharuskannya cuci darah. Tanda dari penyakit ginjal tersebut adalah air seni yang menjadi berbusa.

  1. Dehidrasi

Penyebab air seni menjadi berbusa yang kedua adalah karena dehidrasi. Orang yang kekurangan cairan, air seni menjadi lebih pekat dan menjadi terkonsentrasi. Air seni ini yang terkonsentrasi akan menyebabkan air seni terdapat busa.

  1. Infeksi Saluran Kemih

Penyebab air seni berbusa lainnya adalah adanya penyakit infeksi saluran kemih. Penyakit ini tidak boleh dibiarkan terus menerus. Infeksi saluran kemih harus segera diatasi agar bakteri yang menyebabkan infeksi tersebut segera hilang bersamaan dengan urine. Selain air seni yang berbusa, tanda lainnya dari penyakit ini adalah buang air kecil disertai rasa sakit, urine kemerahan, urine tidak tuntas dan masih banyak lagi lainnya.

  1. Buang Air Kecil Kecepatan Tinggi

Penyebab busa dalam urine adalah adanya kecepatan tinggi saat berkemih. Saat tergesa-gesa, banyak orang kadang mempercepat berkemih, hal tersebutlah yang bisa menyebabkan busa di dalam urine akan muncul.

  • Komplikasi

Air kencing yang tiba-tiba berbusa harus dicari penyebabnya. Jika Anda tidak segera mengatasinya, Anda bisa terkena komplikasi. Berikut ini adalah komplikasi yang bisa terjadi saat air seni berbusa Anda tidak segera hilang :

  1. Sistem Imun Lemah

Hal pertama yang bisa menjadi komplikasi dari air seni berbusa ini sistem imun yang lemah. Kondisi sistem imun yang lemah tentunya akan merugikan bagi kesehatan Anda. Saat sistem imun Anda menjadi lemah, berbagai macam bakteri dan virus akan mudah masuk ke dalam tubuh Anda. Anda akan lebih mudah sakit saat sistem imun Anda lemah. Antibodi yang lemah ini disebabkan oleh bakteri yang ada di dalam tubuh Anda. Terutama bagi Anda yang mengalami air seni berbusa akibat infeksi saluran kemih.

  1. Gangguan Paru-paru

Penyakit ginjal yang tidak segera diatasi bisa menyebabkan gangguan paru-paru. Hal itu dikarenakan ginjal tidak bisa melakukan sekresi dengan benar sehingga cairan yang seharusnya dikeluarkan justru tertumpuk di dalam tubuh dan menyebabkan paru-paru terendam cairan. Saat itulah gangguan paru-paru akan muncul.

Air seni yang berubah warna tidak boleh disepelekan, sebab dari  air seni lah kita bisa mengetahui tanda dari suatu penyakit. Misalnya saja adalah penyakit ginjal, penyakit virus dan bakteri, penyakit hepatitis dan berbagai macam penyakit bisa ditandai dari air seni. Oleh sebab itu saat Anda merasa, air kencing berbusa menyerang Anda, segera memeriksakan diri Anda ke dokter sebelum terlambat.

Penyakit Air Kencing Berbusa | from | 4.5